Hari Pertama Masuk Kerja di Tahun 2019

Momen tahun baru memang menjadi liburan yang paling banyak dinantikan. Momen pergantian tahun biasanya dimanfaatkan orang-orang atau karyawan untuk berkumpul bersama dengan keluarganya, melihat kembang api dari kejauhan atau mengunjungi tempat yang bagus. Apakah Anda juga demikian? Saya biasanya juga begitu. Momen pergantian tahun baru saya habiskan bersama dengan keluarga di suatu tempat yang indah. Agar berkesan untuk mereka, tentu saja. Tetapi ya tidak selalu, kadang-kadang kami menghabiskannya di rumah saja sambil bercengkerama dan berdiskusi ringan (awal malamnya ada ibadah bersama tutup tahun dulu).

Tentang bagaimana sebuah keluarga atau seseorang menghabiskan tahun barunya, saya rasa itu pilihan masing-masing. Tidak ada yang salah dengan sebuah pilihan. Tetapi yang pasti, jangan sampai terlena dengan liburan tahun baru. Waktunya libur silakan libur. Begitu masuk kerja ya harus masuk kerja.

Saya bekerja sebagai seorang guru (ASN) sekaligus kepala sekolah. ASN, bagaimanapun, digaji oleh negara dengan menggunakan uang rakyat. Menjadi ASN atau PNS adalah bentuk pengabdian kepada negara. Saya sering melihat sebagian ASN yang bolos kerja setelah liburan, termasuk liburan tahun baru. Sebagai orang yang bertanggung jawab dalam lingkungan kerja, saya juga merasa perlu menegakkan disiplin di sekolah yang saya pimpin. Bukan hanya memberikan pelajaran untuk guru-guru dan staf di sekolah tetapi juga memberikan contoh yang baik kepada anak-anak.

Di hari pertama masuk kerja pada tahun baru, biasanya ada saja pegawai yang tidak masuk kerja dengan alasan berbagai macam misalnya cuti, sakit, masih perjalanan pulang, bahkan ada yang tidak memberikan kabar sama sekali. Yang seperti ini rupanya sudah menjadi penyakit setiap selesai libur, entah libur lebaran atau libur tahun baru. Padahal waktu libur sudah ditunjukkan dengan tanggal merah. Demikian juga dengan cuti bersama. Tetapi kadang ada saja oknum yang tidak mau tahu dan lebih memilih mangkir kerja.

Untuk melakukan pendisiplinan, pihak dinas atau melalui pengawas sekolah biasanya langsung melakukan sidak di hari pertama kerja pasca liburan. Saya secara pribadi setuju dengan langkah ini. Tujuannya agar ASN atau pegawai tidak lagi masuk tanpa alasan yang jelas hanya karena masih asyik liburan. Saya juga ikut deg-degan kadang kalau ada sidak. Saya juga khawatir dianggap sebagai atasan yang memberikan kelonggaran untuk staf dan guru yang tidak masuk alias bolos kerja. Tetapi saya berusaha mengatakan semuanya dengan jujur. Toh, nanti yang bersangkutan akan mendapatkan peringatan lisan maupun tertulis. Terlebih lagi aturan dan sanksi sekarang jauh lebih tegas dari yang sebelumnya.

Saya sendiri juga punya semacam motivasi agar saya tidak malas masuk kerja di hari pertama setelah liburan kali ini. Ya, hari ini, Kamis, 3 Januari 2019 adalah hari pertama masuk kerja di sekolah kami tahun ini. Adapun dasar motivasi saya adalah:

Pertama, karena tanggung jawab saya tentu saja. Saya tidak boleh menjadi atasan yang memberi contoh buruk untuk rekan kerja apalagi untuk para siswa. Kalau kepala sekolahnya saja bolos, bagaimana dengan muridnya? Itu yang membuat saya selalu ingin masuk kerja meskipun sebenarnya masih pengin liburan. 🙂

Kedua, saya merasa pekerjaan saya menyenangkan. Mengajar sudah menjadi passion sehingga saya tidak merasa keberatan dengan pekerjaan ini. Saya senang bisa mengajarkan ilmu saya kepada anak-anak. Saya juga senang sharing dengan sesama rekan guru. Lagipula kalau saya di rumah dan liburan, saya juga tidak tahu apa yang harus saya lakukan. Merasa useless. Kalau bertemu teman kerja dan anak-anak, rasanya tidak bosan. Justru merasa semangat.

Pesan saya untuk teman-teman ASN, lakukan yang terbaik untuk negara, apalagi yang bekerja di sektor pelayanan publik. Tenaga teman-teman sungguh dibutuhkan banyak orang.

Selamat menjalani hari di tahun 2019. Semoga tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

Kinipan, 03 Januari 2019

Salam,

Desfortin


Sumber gambar : pexels.com

7 Comments »

  1. Kalau di Bandung, guru sekolah negeri masuk tanggal 2 Januari mas. Tahun lalu, ada aturan bahwa kalau seorang ASN (dalam hal ini guru) tidak masuk pada hari pertama kerja di tahun 2018, maka yang bersangkutan akan berurusan dengan gubernur.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s