4 Cara Mengatasi Malas Ngeblog

Bagi para narablog (bloger), aktivitas blogging atau ngeblog terkadang cukup menjenuhkan. Ini yang menjadi tantangan tersendiri untuk para bloger, khususnya yang ingin mendapatkan hasil berupa materi dari blog yang dikelola olehnya. Rasa malas untuk membuat postingan blog terkadang cukup mengganggu. Bloger harus bisa mengatasi rasa malas ini. Agar aktivitas ngeblog tidak terhambat oleh rasa malas, maka beberapa hal berikut ini wajib untuk dilakukan.

Pertama, jadwalkan untuk memposting tulisan

Rutinitas memang membosankan tetapi dengan rutinitas, kita bisa mendisiplinkan diri. Setidaknya, itulah yang harus diingat oleh para bloger. Salah satu penyebab munculnya rasa malas untuk blogging mungkin karena bloger sendiri tidak memiliki jadwal rutin untuk ngeblog. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika bloger sekarang mulai membuat jadwal rutin. Jadwalkan saja sebelum tidur atau kalau ada waktu, pagi sebelum berangkat kerja. Jika tidak ada jadwal, maka aktivitas blogging tidak akan teratur. Bloger jadi malas untuk ngeblog. Misalnya ada halangan untuk memposting artikel ya tulis dulu artikel baru disetting untuk dipublish besok. Adanya jadwal yang jelas sangat menguntungkan bagi bloger yang ada halangan.

Ke dua, tetapkan target dan niat awal

Mungkin salah satu tujuan membuat blog adalah untuk uang. Tetapi ingat bahwa monetisasi blog tidak mudah. Dibutuhkan usaha yang sangat keras agar Google bersedia memasang iklan di blog. Bloger harus melakukan optimasi pada blognya sehingga bisa menduduki peringkat pertama di mesin pencarian. Selain itu, usia blog dan kualitas konten juga dipertimbangkan. Menghasilkan uang dari blog tidak bisa instan hanya dalam waktu satu hari, satu minggu atau satu bulan. Oleh karena itu, jangan terbiasa menanamkan mental instan untuk ngeblog. Paksa diri untuk ngeblog lebih keras. Salah satunya dengan cara menetapkan target, misalnya tiga hari menghasilkan satu postingan, kalau bisa lebih akan lebih baik. Atau one week one post juga tak masalah. Yang pasti harus rutin, dan beranikan diri keluar dari zona nyaman. Dengan demikian, perkembangan yang pesat mungkin akan dicapai.

Baca juga: Beberapa Pertimbangan untuk Monetisasi Blog

Ke tiga, motivasi diri sendiri

Kalau mulai malas, tidak ada salahnya mulai memotivasi diri sendiri meskipun motivasi tidak bekerja dalam waktu yang lama. Tetapi setidaknya ini membantu mengatasi kemalasan yang menghinggapi diri sendiri. Bukankah sudah banyak kisah bloger yang sukses? Maka kita bisa meniru kebiasaannya dan tentu saja semangatnya yang pantang menyerah. Ingin mendapatkan kesuksesan dalam blogging dan tulisan dibaca banyak orang tapi kok tidak mau susah? Come on, kita tidak sedang hidup dalam dunia dongeng. Tidak ada kesuksesan yang datang tiba-tiba. Jadikan kesuksesan orang lain sebagai motivasi diri agar lebih baik.

Ke empat, menulislah apa yang anda sukai dan action

Ya, menuliskan apa yang disukai sangat penting untuk menjaga semangat. Maka, sedari awal, pilihlah tema blog yang itu merupakan tema favorit dan tema yang dikuasai. Dengan demikian, bloger tidak mudah dihinggapi rasa bosan. Postingan dengan tema yang dikuasai juga lebih baik daripada yang tidak dikuasai. Karena ada kesenangan jadi ada keinginan untuk mengeksplorasi. Dan yang jelas harus dilakukan adalah action atau bertindak. Jangan hanya menjadi anggota NATO alias No Action Talk Only. Bloger tidak gagal karena tulisan yang jelek, tetapi pasti gagal karena tidak menulis. Bagaimana mau sukses kalau tidak pernah dimulai. Langkah mendaki gunung bisa didapatkan karena satu langkah kecil yang dimulai. Itulah mengapa action sangat penting dalam segala hal termasuk dalam blogging.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi rasa malas ngeblog, dan yang saya tulis ini tentu berdasarkan pengalaman saya pribadi. Anda boleh buktikan sendiri.

Terima kasih sudah membaca. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Oya, kalau ada tambahan atau masukan lain, mohon bagikan di kolom komentar.

Salam,

Desfortin


Sumber gambar: sproutzillo.com

26 Comments »

    • Klau sy, sy hrs punya bnyak tabungan ide dulu. Dan klau sdh mau habis tabung lagi. Saat ini, saya punya lbih dari 50 ide, kpn pun saya perlukan, sy tinggal pilih. Kpn2 akn sy share cara sy menulis stiap hri (bkn posting tiap hari).

      Suka

      • Semacam draft dan sekumpulan judul artikel yah bang…
        Aku sih punya semacam itu, namun untuk ngembanginnya saya lupa, mungkin ide judul itu aku dapatkan pas ada bayangan isi artikelnya, namun setelah lama ide judul itu terpendam dg draft2 yang ada, akhirnya saya lupa ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

        Disukai oleh 1 orang

        • Ya, smcam draf gitu. Klau aku sih jdul2nya dulu, dan biasanya aku sllu komit utk menyelesaikannya. Utk eksekusinya jlas hrs diingat ingat, jngn dilupain gitu aj. Itu sebab, bikin kerangkanya jg perlu stlh jdul, khususnya utk tulisan2 motivasi. Gitu sih klau sy, Mas Ir.

          Suka

  1. Saya malah punya banyak ide, tapi ketika mau eksekusi ide alias nulis di blognya, eh otak saya malah udah cape. Jadi, saya masih belajar untuk menulis dikala otak saya masih segar.

    Suka

  2. Saya punya banyak oret2an tulisan krn malas buka notebook dan nulis di ponsel. Begitu mau dituliskan lupa, krn kelamaan dalam oretan. Kadang selesai, tapi merasa kurang greget, akhirnya dibiarkan aja ๐Ÿ˜ฆ

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s