34 Tahun

Waktu bergerak dengan sangat cepat. Hari ini, aku memasuki usia 34 tahun. Usia yang terbilang sudah tidak muda lagi tetapi juga belum bisa dibilang terlalu tua. Aku bersyukur diberikan kesempatan hidup hingga usia ini, dan aku bersyukur sudah ada istri serta anak yang mendampingi diriku. Aku berusaha mensyukuri apa yang telah aku dapatkan meskipun hanya sedikit. Di usia ini, aku ingin menuliskan sesuatu yang akan aku baca dan terapkan dalam kehidupan nyata. Aku menuliskan ini agar ketika aku sudah mencapai usia yang lebih tua lagi, aku dapat mengetahui apakah targetku sudah tercapai atau masih belum tercapai. Bagaimanapun, aku juga memiliki keinginan dan target yang harus aku dapatkan pada usiaku saat ini dan mendatang.

Pada usiaku yang kini menginjak 34 tahun, ada beberapa hal yang ingin aku tekankan. Semoga aku bisa.

Kebijaksanaan dan Kedewasaan

Mungkin ini klise tetapi bagiku penting menjadi dewasa dan bijaksana. Bertambah umur bukan hanya berarti bertambah tua. Menjadi tua itu niscaya tetapi menjadi dewasa itu pilihan. Mungkin di usia ini, aku harus lebih banyak introspeksi diri. Aku ingin menjadi pribadi yang lebih baik. Memutuskan lebih banyak hal dengan hati-hati dan penuh dengan pertimbangan. Tidak akan grusa grusu lagi. Waktu telah mendewasakanku. Aku telah melalui banyak peristiwa yang mana itu mengantarkan aku pada diriku yang sekarang ini.

Waktu bersama dengan keluarga

“Harta yang paling berharga adalah keluarga”. Ada benarnya sepenggal lirik lagu dari sinetron “Keluarga Cemara” tersebut. Aku ingin di usia ini aku menjadi kepala keluarga yang memiliki lebih banyak waktu bersama dengan keluarga. Anakku baru satu. Aku ingin punya banyak waktu lebih dengannya sebelum ia beranjak dewasa. Sesibuk apapun aku dalam bekerja, aku berharap ia tetap bisa dekat denganku. Agar ia tidak kehilangan figur seorang ayah. Anakku harus ingat bahwa figur terdekat yang harus ia kunjungi ketika ia mendapatkan masalah adalah ayahnya, dan bukan orang lain.

Menggunakan uang dengan baik dan investasi

Di usia ini, aku ingin memahami bahwa aku tidak selalu muda selamanya. Aku tidak akan bisa mencari uang untuk selamanya. Maka, aku ingin lebih bijak dalam hal keuangan. Aku sisihkan terlebih dahulu keinginan untuk hidup berfoya-foya dan aku lebih mengutamakan investasi. Di usia ini, investasi adalah hal yang penting menurutku. Aku sama seperti orang lain yang berusaha mencapai kebebasan finansial sebelum usia 40-an. Pun, aku ingin uang yang aku sisihkan bermanfaat untuk diriku di kemudian hari. Bukan habis untuk memenuhi keinginan yang tidak penting. Seiring bertambah usia, kebijaksanaan dalam menentukan pengeluaran adalah hal yang terbaik.

Lebih banyak bermanfaat untuk orang lain

Aku ingin lebih banyak memberikan manfaat untuk orang lain di usiaku saat ini, termasuk melalui kegiatan menulis ku ini. Aku sadar, aku tidak selamanya hidup di dunia ini. Di usiaku yang entah tinggal berapa tahun, rasanya aku ingin memberikan kontribusi yang lebih banyak untuk orang-orang di sekitarku. Aku ingin peduli dengan mereka yang kurang beruntung, dan sedikit mendermakan hartaku di jalan Tuhan. Mungkin hanya itu yang bisa aku lakukan. Selebihnya, aku akan menyesuaikan dengan kemampuanku.

Di usia 34 tahun ini, aku hanya berharap lebih banyak berbuat baik. Tidak bicara yang menyakitkan hati dan tidak ingin dengki terhadap rezeki sesama. Aku sadar bahwa setiap orang, termasuk aku, memiliki jalan sendiri-sendiri.

Selamat ulang tahun diriku. Tetaplah optimis, penuh sukacita dan syukur kepada-Nya. [Desfortin]

Kategori: Lain - Lain

Tagged as: , ,

19 Comments »

  1. Selamat ulang tahun, Kak Desfortin. Semoga apa yang dicita-citakan dan apa yang diharapkan, segera disegerakan pencapaiannya. Bersabar dalam proses dan menikmati jalan mencapai tujuan.
    Untuk harapan nomor dua, luar biasa!
    Ini adalah hal yang paling diharapkan anak pada orang tuanya, atau dalam hal ini adalah ayahnya. Sebagai anak pertama dan perempuan, Ayu merasakan betul peran seorang Ayah dan pentingnya peran ini. Sesibuk apapun, keluarga harus nomor satu.

    Disukai oleh 1 orang

  2. Selamat ulang tahun, Mas/Pak Desfortin *saya bingung panggilan yg tepat, maaf ya😂. Semoga panjang umur, sehat selalu, semakin lebih baik dari sebelumnya, dan hal-hal yang dicita-citakan dapat terkabulkan

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s