Natal SMPN 1 Batang Kawa Tahun 2018

Waktu bergerak begitu cepat. Seperti tak terasa kita telah berada di bulan Desember, bulan terakhir di tahun ini. Kini kita memasuki harinya yang ke-10, dan tepat hari ini pula, kami keluarga besar SMPN 1 Batang Kawa kembali merayakan natal. Ya, kami juga ingin berbagian dalam sukacita menyambut natal tahun ini. Terlebih karena mayoritas di sekolah kami adalah umat kristiani.

Tahun ini adalah tahun ke empat saya merayakan Natal di SMPN 1 Batang Kawa. Saya bersyukur karena sejak tahun pertama hingga tahun ke empat saya bertugas di sekolah ini, acara natal selalu dapat dirayakan. Meski dengan dana yang relatif minim, yang kadang mohon maaf harus ditalangi terlebih dahulu, namun acara dapat berlangsung dengan baik, bahkan cukup meriah. Puji Tuhan.

Acara tadi pagi dimulai pada pukul 09.00 wib, dihadiri tak lebih dari 150 orang (sesuai undangan seharusnya sekitar 180-200 orang). Dan seperti urutan acara biasanya, maka acara pun berlangsung sesuai dengan agenda acara yang telah disusun panitia. Hanya saja, untuk kali ini sesi laporan/sambutan-sambutan dibuat di depan sebelum sesi ibadah dan perayaan.

Di acara natal kali ini kami tetap mengundang beberapa sekolah tetangga seperti SMAN 1 Batang Kawa, SDN Kinipan, TK Negeri Pembina Kinipan, SMPN Satap 4 Batang Kawa, SMPN 2 Batang Kawa, dan juga beberapa tokoh/pejabat penting di desa Kinipan serta undangan lainnya termasuk orang tua/wali siswa.

Acara natal kali ini dilaksanakan setelah kegiatan ulangan umum semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019, yang baru saja berakhir pada tanggal 8 Desember 2018 yang lalu. Jedanya hanya 1 hari, dapat dibayangkan bagaimana sibuknya kami dalam mempersiapkannya. Namun syukurlah semuanya bisa dilalui dengan baik.

Laporan Ketua Panitia

Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan KWKBP Batang Kawa

Adapun yang bertugas sebagai pembawa acara (MC) adalah siswi kami an. Inka Alvari (Kelas 9) dan Kinta Meilani E. Pari (Kelas 8). Liturgos oleh Lentea Prisa (Kelas 8). Singer oleh Alya Ling S, dan pemain musik oleh Bapak Sem Salau. Peran para petugas ini sangat menentukan untuk kelangsungan acara natal kali ini, dan mereka berhasil melakukannya. Tentu saja hal itu terjadi karena mereka mempersiapkan diri dengan giat berlatih sebelum hari H. Sedangkan untuk pengkhotbah natal, kami mengundang pengkhotbah dari kota kabupaten, yakni Pdt. Nila Susanti, S.Th (salah satu pelayan non organik di Resort GKE Nanga Bulik dan juga ASN di Depag Kab. Lamandau). Pdt. Nila dalam pesan natalnya (yang saya paraphrase) — dengan mengacu pada tema natal PGI tahun 2018 (Yesus Kristus adalah hikmat bagi kita) dan juga subtema kami (Hikmat Natal Membawa Semangat Baru untuk pendidikan yang lebih baik) — mengatakan bahwa ada 5 hal yang harus menjadi refleksi bersama, yakni:

  1. Kita harus menjalani hidup dengan penuh semangat;
  2. Sesuatu yang baru itu identik dengan hal yang menarik. Jadilah pribadi yang menarik, jangan biarkan diri kita tetap seperti yang dulu yang tak mau maju dan berubah;

  3. Untuk menjadi lebih baik diperlukan hikmat/bijaksana, tanggung jawab, dan kecakapan;

  4. Hidup harus punya prinsip yang tegas, jangan mudah terpengaruh atau sekedar ikut-ikutan; dan

  5. Kesetiaan, pengandalan diri akan Tuhan, dan hidup penuh syukur pasti membuahkan hasil yang baik.

Selanjutnya, seperti tahun-tahun sebelumnya, pementasan drama natal juga selalu ditunggu-tunggu kehadirannya. Begitupun tahun ini, drama natal kembali ditampilkan. Pementasan drama natal yang dibawakan oleh 9 orang siswa (i) dari kelas 7-9 itu berlangsung dengan sukses dan memukau. Drama natal yang menggunakan sistem dubbing di sekolah kami tahun ini berjudul: “Hikmat Tuhan vs Hikmat Anak-anak Zaman Now”. Ada pesan tentang hikmat mana yang harus dipilih dan harus dihindari. Selain sebagai hiburan saat perayaan, hadirnya drama natal juga sebagai pelengkap pesan natal yang telah disampaikan. Bedanya dalam drama, pesan tersebut dikemas secara santai dan menghibur.

Para pemain drama:

Acara natal kami ini diakhiri sekitar pukul 12.10 Wib, setelah jamuan makan siang bersama. Terima kasih kepada Pdt. Nila Susanti, S.Th atas pelayanannya pada acara natal kami tahun ini, meskipun pada hari ini jadwal beliau sangat padat, karena sorenya juga harus pelayanan khotbah natal di acara Natal Pemuda/Remaja di Nanga Bulik. Terima kasih kepada semua guru/pegawai SMPN 1 Batang Kawa, panitia pelaksana, dan para siswa, serta semua pihak yang terkait, sehingga acara pada hari ini dapat berlangsung dengan baik dan sukses.

Semoga melalui natal tahun ini, damai sejahtera Tuhan senantiasa bisa dirasakan oleh umat kristiani di mana pun berada, khususnya para pendidik dan peserta didik di SMPN 1 Batang Kawa. Biarlah hikmat natal membawa semangat baru untuk pendidikan yang lebih baik ke depannya di sekolah ini.

Selamat Natal tahun 2018. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

Salam,

Desfortin

9 Comments »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s