HUT PGRI dan HGN Tahun 2018 di Kecamatan Batang Kawa

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 74 Tahun 1994, tanggal 25 November diperingati sebagai HUT PGRI dan HGN (Hari Guru Nasional). Inilah harinya guru-guru di Indonesia. Pada hari guru ini biasanya di sekolah-sekolah atau di instansi terkait diadakan berbagai acara untuk menyambutnya. Seperti acara seminar dengan tema pendidikan, lomba mengajar, lomba olahraga, hingga upacara bendera.

Nah, mengingat tanggal 25 November tahun ini jatuh pada hari Minggu, maka kami para guru di kecamatan Batang Kawa Kalimantan Tengah, di bawah naungan PGRI Cabang sepakat untuk kembali memperingati sekaligus merayakannya sesudah tanggal 25 November. Rencana awal kegiatan dilaksanakan pada tanggal 26-27 November 2018, namun karena alasan teknis kedinasan di lapangan, akhirnya diundur ke tanggal 28-29 November 2018.

Acara perayaan diisi dengan lomba-lomba olahraga, yang digelar pada tanggal 28 November 2018 kemarin. Sementara acara peringatannya dilaksanakan pada hari ini, Kamis, 29 November 2018, dalam bentuk upacara bendera.

Tahun lalu, tidak ada acara perayaan/peringatan sama sekali. Entahlah, mungkin karena kendala dana atau alasan teknis lainnya. Terakhir acara perayaan dan peringatan PGRI dan HGN di kecamatan Batang Kawa dilaksanakan pada tahun 2016, berpusat di desa Benakitan. Tepatnya di SMPN Satap 4 Batang Kawa. Saya pernah menuliskannya di dalam postingan berjudul “Guru=Pahlawan Tanpa Tanda Jasa?“.

Sedangkan untuk acara tahun ini dipusatkan di Kinipan, ibukota kecamatan Batang Kawa. Tepatnya untuk acara perayaan dilaksanakan di halaman SDN Kinipan. Sedangkan untuk acara peringatan dilaksanakan di sekolah kami, SMPN 1 Batang Kawa.

Meskipun dana kegiatan tidak terlalu besar, tapi dana yang ditargetkan panitia mencukupi dan kegiatan kali ini pun cukup meriah. Dihadiri oleh hampir semua sekolah di kecamatan Batang Kawa, dari TK, SD, SMP hingga SMA/SMK (negeri maupun swasta).

Acara Perayaan

Untuk acara perayaan dalam memeriahkan HUT PGRI dan HGN tahun ini, panitia pelaksana mengadakan acara lomba- lomba, dengan 5 cabang lomba yang murah meriah berikut ini.

  1. Gebuk Bantal
  2. Lari Pimpong Estafet

  3. Lari Balon Pimpong Beregu

  4. Voli Campuran

  5. Lari Karung Beregu

Mengingat jarak, waktu, dan dana, maka acara perayaan ini diadakan 1 hari penuh, tanggal 28 November 2018 kemarin. Acara berlangsung sukses dan meriah. Itu tentu karena para peserta begitu antusias mengikuti kegiatan ini, tentu juga semangat kerja tim dari seluruh panitia.

Berikut dokumentasi keseruan kami pada acara perayaan kemarin.

Acara Peringatan

Begitupun untuk acara peringatan hari ini — upacara benderanya dimulai pukul 08.30 wib hingga pukul 10.00 wib — berlangsung dengan lancar dan hikmat.

Upacara yang digelar di halaman SMPN 1 Batang Kawa ini selain diikuti oleh guru-guru se-kecamatan Batang Kawa juga dihadiri oleh hampir semua pejabat / tokoh di desa Kinipan.

Adapun untuk petugas/personil upacara adalah sebagai berikut:

#Inspektur Upacara : Camat Batang Kawa (Bpk. Aldison Masa);

#Perwira Upacara : Apri Russadi, S.Pd. K (Guru SDN Kinipan);

#Komandan Upacara : Kurdi, A. Ma (Guru SDN Benakitan);

#MC (Pembaca Susunan Upacara): Kartika Mega Wardani, S.Pd (Guru SMAN 1 Batang Kawa);

#Pembaca Ikrar Guru : Jemie, S.Pd (Guru SMPN 1 Batang Kawa);

#Pembaca Sejarah Singkat PGRI : Yulian (Guru SMPN 1 Batang Kawa);

#Dirigen : Dhayu Era Mahardhika, S.Pd. I (Guru SMPN Satap 4 Batang Kawa);

#Pengibar Bendera : Siswa (i) SMAN 1 Batang Kawa dan SMKN 1 Batang Kawa;

#Pembawa Teks Pancasila : Jeki, S.Pt (Guru SMKN 1 Batang Kawa);

#Paduan Suara : Siswa (i) SMPN 1 Batang Kawa;

#Pemain Musik/Organis : Natanael Yaeni (Guru SMPN Satap 4 Batang Kawa).

#Pembaca Doa : Yanti Dorsia Silitonga, S.Pd.K (Guru SMPN 1 Batang Kawa)

Setelah upacara selesai, dilanjutkan dengan pembagian hadiah bagi pemenang lomba, jamuan makan bersama, dan diakhiri dengan acara ramah tamah dalam bentuk acara adat bagonakng. Suatu kebetulan pula, ada salah seorang pengawas sekolah yang baru saja purna tugas. Jadi dibuatlah semacam acara temu pisah yang dikemas dalam acara adat bagonakng ala Dayak Tomun Batang Kawa.

Berikut dokumentasi upacara bendera hingga acara ramah tamah dalam rangka perayaan dan peringatan HUT PGRI dan HGN tahun 2018 di kecamatan Batang Kawa:

Selanjutnya, ada 5 poin penting yang sempat saya catat dari pidato mendikbud RI yang dibacakan oleh inspektur upacara tadi pagi.

~Tema HGN 2018 : Meningkatkan profesionalisme guru menuju pendidikan abad 21.

~Kemajuan teknologi tidak dapat menggantikan peran guru. Hendaknya sisi positif teknologi lebih dioptimalkan.

~Ketersediaan infrastruktur yang sudah baik harus dibarengi dengan kesiapan SDM yang unggul, diharapkan para guru punya peran sentral untuk mewujudkan SDM tersebut.

~Mulai tahun 2019 akan ada Kebijakan Sistem Zonasi, yang tujuannya untuk meningkatkan pemerataan akses dan kualitas pendidikan di seluruh tanah air.

~Paling sedikit ada 3 ciri guru profesional yang harus dimiliki para guru:

Pertama: telah memenuhi kompetensi dan keahlian inti sebagai pendidik (terus belajar dan mengembangkan diri untuk menghadirkan pembelajaran abad 21).

Kedua: mampu membangun kesejawatan (bersama rekan sejawat terus belajar, mengembangkan diri, dan meningkatkan kecakapan untuk mengikuti laju perubahan zaman).

Ketiga: mampu membangun jiwa sosialnya (peran, tugas, dan tanggungjawab sebagai panggilan jiwa).

Kiranya beberapa hal atau pesan penting dalam pidato tersebut dapat menjadi refleksi dan evaluasi bagi insan pendidikan, khususnya bagi para guru di kecamatan Batang Kawa. Semoga pula lewat acara perayaan dan peringatan tahun ini, membawa semangat yang baru bagi para guru dalam melaksanakan tugas profesinya. Pun wajah pendidikan di kecamatan Batang Kawa semakin baik dari waktu ke waktu.

Selamat HUT PGRI ke-73 dan HGN Tahun 2018. Jayalah PGRI! Hidup Guru Indonesia!

Salam,

Desfortin

8 Comments »

  1. Semoga dengan peringatan Hari Guru yang seperti ini akan semakin menambah semangat para guru dan juga semakin kompak.
    Guru tetap menjadi orangtua murid di sekolah, bukan hanya tempat bertanya tentang pelajaran, tapi bisa banyak hal lainnya juga.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s