Dua Tahun Mengudara (Ngeblog) Bersama WordPress

Menulis, atau lebih tepatnya ngeblog, telah menjadi hobi baru bagi saya dalam beberapa tahun terakhir. Ia sudah menjadi semacam kebutuhan yang harus ditunaikan. Apabila saya tidak ngeblog, apalagi dalam waktu yang cukup lama, saya merasa ada sesuatu yang hilang dari sebagian diri saya. Mungkin betul saya telah kecanduan, kecanduan menulis. Sebenarnya saya juga sadar saya bukan bloger pro, tapi ngeblog itu mengasyikan sehingga ia telah menjadi bagian yang penting dari hidup saya sekarang, selain pekerjaan utama sebagai guru di sekolah; dan itu membuat saya merasa lebih bermakna dalam menjalani hidup.

Sedikit flashback, tanggal 24 Oktober 2016 menjadi salah satu hari penting dan bersejarah bagi saya dalam menggeluti dunia blog. Hari itu hari Senin, hari pertama saya memosting tulisan di Blog Desfortin Menulis ini. Jujur, dengan modal nekat dan semangat menulis, blog ini kemudian bisa berjalan meski kadang masih terseok-seok. Kemudian dengan bergulirnya waktu sejak hari itu, sayapun kian menikmati aktivitas ngeblog di platform wordpress ini. Setidaknya sekali dalam seminggu saya memosting tulisan terbaru. Tentu saja hal itu membuat saya bahagia dan penuh semangat. Saking semangatnya, saat blog ini baru memasuki usia 3 bulan, sayapun kemudian menuliskan kesan ngeblog saya selama kurun waktu itu. Begitupun ketika telah memasuki usia 1 tahun (ulang tahun pertamanya).

Baca:
3 BulanMengudara (Ngeblog) di WordPress : “3 Inspirasi dan 3 Kesan”

Satu Tahun Mengudara Bersama WordPress

Dan pada hari ini, Rabu, 24 Oktober 2018, blog ini telah memasuki usianya yang ke dua tahun. Ya, ternyata sudah 2 tahun saya mengudara bersama wordpress. Selama 2 tahun ini rasanya tidak kurang berbagai kesan dan pengalaman yang saya rasakan. Suka-duka ngeblog datang silih berganti, dan itu menjadi pelajaran berharga. Saya pernah jadi bloger galau karena mengalami writer’s block selama beberapa waktu, dan yang terakhir, saya hiatus ngeblog selama hampir 3 bulan. Blog saya inipun mulai terbengkalai, kesulitan dan kesibukan hidup menjadi salah satu kambing hitamnya. Tapi saya tak mau menyerah. Saya tak mau menjadi bloger yang dikorbankan seperti kata almarhum Shiq4, salah seorang bloger yang sangat saya kagumi yang pernah ada. Kini saya kembali menulis untuk mengembangkan blog ini. Semoga saya tetap diberikan fisik dan pikiran yang sehat untuk terus menulis.

Selanjutnya, di hari ulang tahun blog saya ini, ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan sebagai catatan mulai dari mimpi saya membangun blog hingga harapan saya ke depannya sebagai bloger.

Mimpi Saya

Mimpi yang ingin saya lakukan ketika menjadi seorang bloger saya ingin berbagi inspirasi, manfaat, dan mengembangkan keterampilan menulis saya. Itu saja sebenarnya. Itu bagian dari mimpi yang saya miliki sementara ketika baru membangun blog ini. Dan saya ingin terus mewujudkan mimpi itu hingga sukses.

Upgrade Blog

Saya punya harapan untuk mengupgrade Blog Desfortin Menulis ini ke paket premium. Mengapa? Karena saya ingin lebih serius dan lebih leluasa mengelola blog ini. Saya ingin tampilannya lebih bagus dari sebelumnya, termasuk konten-kontennya. Karena itu, penjadwalan yang jelas dan teratur untuk menerbitkan konten di blog ini perlu saya lakukan; seminggu sekali misalnya. Saya juga akan bekerja sama dengan teman lainnya untuk mengelola blog ini. Oya, jika ada yang berminat untuk menulis artikel di blog ini, saya melayani untuk itu. Tapi tentu jika tulisan tersebut memang layak untuk dimuat di blog ini sesuai standar yang saya tetapkan. Tentu saja ada kesepakatan-kesepakatan sebelumnya. Nama penulis akan tetap saya cantumkan di bagian awal atau akhir tulisan, untuk membedakan itu tulisan saya atau bukan. Untuk lebih jelasnya bisa menghubungi saya di kotak e-mail: desfortin84@gmail.com.

Harapan Saya

Saya telah melihat begitu banyak blog umum seperti blog tutorial, blog download, dan blog-blog lainnya. Saya melihat sebagian dari mereka hanya mencoba cara dan gaya bloger-bloger yang sukses saja. Karena pada dasarnya mereka membuat blog bukan sekedar untuk blogging tetapi untuk mendapatkan uang dari blogging itu sendiri. Tidak salah sih memonitisasi blog, sayapun berminat bila memungkinkan. Tapi bagi saya intinya blog seharusnya dijadikan wadah untuk membangun kebiasaan menulis atau membuat karya lainnya yang bermanfaat, bisa juga untuk tempat menuangkan ide atas suatu isu yang sedang berkembang ataupun sekedar curahan hati dalam kehidupan sehari-hari. Dan prinsip saya, menulislah karena kesenangan, bukan keterpaksaan. Tulis apa yang perlu ditulis, dan bagi apa yang perlu dibagikan.

Sebenarnya, saya tidak terlalu peduli tentang cara membuat blog, saya hanya peduli dengan konten. Memang, saya mengakui tidak mudah untuk membuat suatu konten yang unik, yang berbeda dari yang lain. Tetapi dengan kerja keras saya yakin itu bukan hal yang mustahil. Saya melihat ada beberapa bloger yang mulai membuat sesuatu yang unik itu. Dan saya sangat setuju dengan orang-orang seperti mereka yang ingin mencoba yang baru dan gaya penulisan yang berbeda dengan orang-orang yang hanya menulis ulang atau rewrite, bahkan lebih buruk lagi ketika mengambil dari sebuah blog orang lain atau melakukan plagiat.

Saya berharap bagi kalian yang membaca tulisan ini bisa menangkap maksud saya dan mulai mengerjakan sesuatu yang baru di blog kalian. Bukan hanya hasilnya saja yang dijadikan penilaian. Tetapi saya menilai dari kerja keras untuk mewujudkan hal baru di templet biasa. Meskipun hanya templet biasa, ini juga bisa menjadi konten yang unik dan saya akan merasa bangga karena ini adalah pekerjaan yang benar-benar saya lakukan, bukan hanya sekedar mengikuti trend saja.

Harapan saya ke depannya, saya ingin berbagi manfaat bagi orang lain, dan saya juga ingin mendapatkan manfaat bagi diri saya sendiri. Ketika kita membangun blog dan itu bermanfaat serta membuat orang lain berpikiran positif, bagi saya itu adalah hal yang luar biasa dan membahagiakan. Syukur syukur kalau kemudian kita bisa sukses melalui aktivitas ngeblog, memonetisasi blog misalnya. Jika itu memang layak, mengapa tidak? Saya pikir itu sah sah saja (sebaiknya blog niche sih yang dibangun).

Baca juga:

Beberapa Pertimbangan Untuk Monetisasi Blog

Selain itu, saya juga berharap agar blog ini dapat bertahan untuk waktu yang lama. Bukan hanya untuk 2 atau 3 tahun, tapi bisa bertahun-tahun. Terlalu muluk-muluk ya kedengarannya, haha … tapi doakan saja yang terbaik, semoga hal itu bukan mimpi belaka. Saya salut dengan beberapa bloger yang bisa bertahan hingga puluhan tahun, dengan postingan melimpah dan pengikut ribuan. Itu terdengar luar biasa, bukan? Semoga hal itu bukan milik mereka saja, tapi kita juga.

Baik, saya rasa itu saja yang bisa saya bagikan kali ini. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca. Terima kasih kepada WordPress untuk semuanya. Terima kasih juga untuk para pembaca dan teman-teman bloger yang mengikuti blog saya ini selama ini. Kalian semua sangat berarti bagi saya. Semoga kalian juga sukses. Oya, kalau ada saran dan pendapat, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar.

Salam,

Desfortin

25 Comments »

  1. Selamat atas pencapaian dua tahun menulis di WordPress, Kak.
    Kakak sudah menginspirasi banyak orang untuk rajin, giat dan semangat menulis, termasuk Ayu.

    Selamat juga karena akhirnya blog ini di Monetisasi. Aseekkk…,

    Amin untuk semua doa dan harapan yang termuat untuk pencapaian dua tahun menulis, semoga kedepannya semakin banyak orang yang memiliki visi yang sama, berbagi dan menginspirasi dunia melalui tulisan.

    Disukai oleh 2 orang

  2. Wah udah dua tahun, kirain duluan abang membuat blognya ketimbang aku..
    Semangat bang, semoga bisa tercapai untuk ngeblog seriusnya. Bener, tulisan yang unik adalah tulisan dari hati, tentang monetize itu perihal bonus dan tidak ada salahnya kita juga ikutan, minimal bisa mengurangi beban biaya hosting atau domain tiap tahunnya

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s