Lamandau Sega

Aku seorang putra Lamandau. Lahir dan dibesarkan di tanah ini, tanah bahaum bakuba. Bahaum Bakuba artinya, “Musyawarah untuk mufakat.” Ini juga yang menjadi motto kabupaten Lamandau. Sebuah motto dengan makna yang indah.

Tak pernah kusangka sebelumnya kalau tanah ini akan menjadi seperti kini. Yang kutahu dulunya, Lamandau adalah nama sungai yang terbentang dari perbatasan Kalbar-Kalteng, hingga bermuara di kabupaten Kobar. Itu saja.

Tapi kini, kemajuan demi kemajuan jelas dan nyata. Secara khusus di bidang fisik atau infrastruktur. Jika kalian berkunjung ke Lamandau, kalian bisa buktikan sendiri apa yang kukatakan ini.

Lamandau Sega. Itu juga slogan yang sering kita dengar dari kabupaten ini. Meskipun kadang bisa saja, indah kabar dari pada rupa. Makanya sebelum berkunjung ke Lamandau, Anda boleh saja menganggap yang aku tuliskan ini sebagai hoax.

Oya, belum pada tahu kan apa artinya Lamandau Sega? ‘Sega’ sama saja artinya dengan indah, cantik, bagus atau baik. Jadi, Lamandau Sega artinya Lamandau yang indah dan bagus. Bahkan slogan ini sudah pernah dijadikan judul lagu daerah.

Sebagai kabupaten dengan motto bahaum bakuba dan slogan lamandau sega, tentu kabupaten ini tidak boleh hanya berpuas diri. Tapi harus terus maju dan berkembang. Dan ya, memang sudah semestinya begitu.

Sampai saat ini kabupaten Lamandau masih terus mengembangkan dirinya. Itu terlihat dari upaya serius yang dilakukan oleh Pemda Lamandau, yang lumayan gencar dalam menggalakkan berbagai aspek pembangungan. Meski tak bisa ditampik pula bahwa semua belum tuntas sempurna. Tapi tak apa, namanya juga usaha. Ya kan?

Semoga pemimpin baru yang akan terpilih pada Pilkada mendatang ini, bisa melanjutkan estafet pembangunan yang ada untuk Lamandau yang lebih baik lagi. Semoga rakyatmu bisa menentukan pilihan terbaik mereka. Pilihan cerdas yang berdasarkan nurani, bukan iming-iming uang apalagi slogan semata.

Ah, inilah Lamandau, Lamandauku Sega, tanah tumpah darahku. Lamandauku Sega, bumi bahaum bakuba, semoga kau tetap sega dan terus jaya.

Salam,

Desfortin


Sumber Video: Grup WA

29 Comments »

  1. kalau di sini Sega= nasi πŸ˜‚.

    bdw saya tidak yakin dengan kata kata”melanjutkan, bagi sebagian pejabat melanjutkan berarti mengekor, berarti tidak tidak kreatif, tidak mempunyai program sendiri… sebagus apapun itu, pasti Mereka menghindari progam terdahulu dan membuat program baru yang kadang bertentangan…

    Suka

    • Gitu ya mas, hee…
      Sebenarnya pronunciation utk kata sega ini sprti pada kata “tidak”, apkh artinya ttp sama dg nasi klau pkai bhs. Jawa?

      Iya jg sih. Aplgi klau yg duduk nnti adalah oposisi pemerintahan skrg, πŸ˜‚
      cuma yg nyalon thn ini ad jg yg dri pihak skrg. Tp ya klau ada program baru yg lbih bagus syukur. Yg kcau klau programnya brtentangan…πŸ˜‚

      Disukai oleh 1 orang

  2. Kak, Kata ‘sega’ yang berarti Indah dalam bahasa Lamandau sama artinya dengan kata ‘Segah’ pada Bahasa Dayak Ma’anyan.

    Harapan yang baik dari putra daerah untuk tanah tempat asalnya, Luar biasa Kak.

    Disukai oleh 1 orang

  3. Lamandau Sega γ€œ(^βˆ‡^γ€œοΌ‰

    Pengen main ke sana.

    Semoga indahnya tetap orisinil ya. Soalnya semakin modern, bangunan semakin banyak dan menggeser lahan hijau. 😣 Di tempat saya mulai begitu.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s