Natal Tahun 2017 di SMPN 1 Batang Kawa

Hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Batang Kawa dan sekitarnya beberapa hari ini, secara khusus bumi Kahingai Raya atau Desa Kinipan, cukup membuat jalan raya menuju wilayah ini (bagian yang belum beraspal) tidak lancar untuk dilalui oleh para pengendara kendaraan bermotor.

Dengan medan yang berbukit-bukit dan belum diaspal, Anda bisa bayangkan bagaimana sulitnya jalan-jalan tersebut dilalui saat musim hujan seperti sekarang. Tapi ya, beginilah daerah kami. Kami sudah terbiasa dengan kondisi seperti ini bila musim hujan telah tiba.

Sekalipun sulit, tapi kondisi tersebut tidak menyurutkan semangat kami untuk beraktivitas seperti biasa, apalagi pada bulan Desember ini mayoritas warga di sini akan menyambut natal.

Ya, natal sudah menjelang, dan semaraknya sudah mulai terlihat sejak awal bulan Desember ini, baik yang dirayakan oleh beberapa komunitas gerejawi, komunitas kerukunan, maupun institusi non gereja lainnya, termasuk institusi pendidikan.

Seperti pada hari ini, Selasa, 12 Desember 2017, SMPN 1 Batang Kawa kembali merayakan natal. Dan ini adalah tahun ketiga kami merayakannya semenjak saya bertugas di sekolah ini.

Natal Tahun 2017 di SMPN 1 Batang Kawa

Pada perayaan natal di SMPN 1 Batang Kawa Tahun 2016 lalu, acaranya dirayakan dengan cukup meriah, tapi pada tahun 2017 ini diadakan dengan lebih sederhana, mengingat dana yang terbatas dan juga beberapa alasan teknis lainnya.

Namun tak apa, natal sejatinya bukan tentang pesta yang meriah, tapi makna di balik peristiwa natal, itu jauh lebih penting. Bahkan natal pertama pada zamannya pun sangat-sangat sederhana, tak ada pesta apapun, bayi mungil Yesus lahir di sebuah kandang yang hina.

Karena itu, walaupun dengan segala keterbatasan yang ada, pada tahun ini sekolah kami kembali bersukacita merayakan natal. Dan untuk pelaksanaannya dilaksanakan sesudah ulangan semester, mengingat jadwal ulangan pada semester ini dilaksanakan di awal bulan Desember, yang baru saja berakhir pada 9 Desember lalu.

    Seperti biasa, acara natal dilaksanakan sesuai susunan acara yang telah dibuat panitia, yakni dimulai dengan ibadah natal. Lalu dilanjutkan dengan laporan/sambutan-sambutan, dan diakhiri dengan acara perayaan.

    Pada perayaan natal kali ini, yang bertugas sebagai MC adalah Yusiana Lala Kartika (Siswi kelas VIII) dan Ernestina Giovani (Siswi kelas IX). Sedangkan yang menjadi Liturgos adalah siswi kami, Magdalena (kelas IX).

    Dan untuk pengkhotbah natal, kami kembali mengundang bapak Pdt. Franedi, S.Th dari Resort GKE Delang. Dalam pesan natalnya beliau menekankan tentang pentingnya menghayati iman kristiani dengan benar dimana Kristus sebagai pusat dan dasar damai sejahtera umat percaya. Hal tersebut disampaikan beliau dalam ulasannya tentang tema Natal tahun ini, yakni dari kitab Kolose 3:15a (Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah dalam Hatimu).

    Acara natal hari ini berlangsung dengan hikmat, tertib dan lancar. Dan di akhir acara, ada pementasan drama natal yang dipersembahkan oleh 12 orang siswa (i) SMPN 1 Batang Kawa. Drama ini tentu sebagai pelengkap pesan natal tahun ini yang mengangkat kisah tentang natal yang mendamaikan.

    Kiranya melalui acara natal tahun ini, sebagaimana subtema natal yang telah dibuat, akan membawa perubahan positif bagi Perkembangan Pendidikan di SMPN 1 Batang Kawa. Jadi, tidak hanya sekedar retorika, tapi juga sebagai harapan dan doa agar hal tersebut dapat menjadi nyata dalam kehidupan bersama, terkhusus bagi warga sekolah ini.

    Akhir kata, Selamat Natal Tahun 2017 bagi umat kristiani yang merayakannya. Semoga semangat dan damai natal membaharui hidup kita. Amin!

    Salam,

    Desfortin

    20 Comments »

    1. Selamat natal baaang…
      Waaahhh…
      Seruuu natal sekolah.
      Dulu waktu masih jadi siswa selalu ambil bagian dalam acara, walaupun cuma jadi iklan bentar aja.
      Sejak kerja cuma jadi undangan dan penikmat aja.
      Rinduuu ikut drama natal.

      Disukai oleh 1 orang

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s