Satu Tahun Mengudara Bersama WordPress

Mengingat 1 tahun ngeblog di WordPress

Melalui tombol notifikasi, tadi pagi, saya mendapat ucapan selamat khusus dari wordpress atas pencapaian 1 tahun saya mengudara bersama wordpress.com. Ya, satu tahun sudah saya ngeblog di wordpress.com ini. Tepat pada tanggal 24 Oktober 2016, dengan pengetahuan ngeblog yang seadanya, dan juga fasilitas yang sangat minim saat itu, saya memulai blog ini. 

Atas ucapan selamat tadi pagi itu, tentu saya merasa senang. Karena itu saya ingin meresponsnya melalui tulisan sederhana ini.

Meskipun ini bukan pencapaian yang spektakuler, tapi saya bersyukur. Karena melalui menulis di blog saya juga mendapat energi positif dalam menjalani hari-hari. Melaluinya pula saya mendapat banyak wawasan dan perspektif baru. Semoga saya bisa mempertahankannya.

Memang, harus saya akui, pada saat yang bersamaan saya juga merasa menyesal, karena belum maksimal dalam mengelola blog ini, masih terdapat banyak kelemahan di sana sini. Salah satunya adalah karena saya telah melanggar komitmen saya di awal tahun 2017 untuk one week, one post.

Saya juga hampir enggan untuk mengunggah postingan hari ini. Apalagi dengan jaringan wi-fi gratis yang sangat tidak bersahabat di tempat saya tinggal saat ini. Seharusnya postingan ini sudah terbit siang tadi. Tapi apa boleh buat, saya harus rela menunggu sampai saat ini.

Dan saya juga berpikir bahwa saya tak boleh egois apalagi berhenti pada rasa penyesalan. Maka dari itu saya tetap memposting tulisan ini. Saya harus tetap peduli untuk berbagi melalui tulisan, karena hakikat berbagi adalah peduli. Sharing is caring.

Awal Ngeblog

24 Oktober 2016 adalah kali pertama saya ngeblog di platform blog gratisan ini. Sebelumnya, saya pernah ikutan menulis di sabdaspace.org pada sekitar tahun 2007-2008 untuk tema khusus teologi. Saat itu saya masih mahasiswa. Tapi kemudian saya berhenti dari platform blog tersebut dan vakum hingga 7 tahun. Baru pada tahun 2016 yang lalu, saya kembali ngeblog dengan memilih domain gratisan di wordpress ini.

Alasan sederhana saya memilih domain gratisan adalah karena blog saya ini memang bukan blog profesional atau blog bisnis. Jadi, bukan untuk kepentingan komersial apapun. Tidak. Semua just for fun and sharing. Tulisan saya pun sangat gado-gado. Intinya, I just write what I want to write.

Ngeblog Sejauh Ini

Ngeblog itu memang mengasyikan. Ada kepuasan tersendiri yang membuat seorang bloger ingin terus berkarya, dan saya bisa anggap itu semacam terapi jiwa. Berkata-kata dengan menari-narikan jemari di antara aksara, baik di atas keyboard laptop maupun smartphone, sungguh sangat melegakan.

Karena saya menyadari bahwa ngeblog itu mengasyikkan, dan positif tentunya, itu sebabnya saya kemudian rutin menerbitkan konten. Dan pada awal 2017, saya berkomitmen untuk menerbitkan konten terbaru seminggu sekali (one week, one post). Dan saya bisa konsisten hingga Agustus 2017.

Namun, mulai September 2017, tiba-tiba masalah datang, dan ternyata itu berdampak drastis buat blog saya ini. Saya mulai diserang rasa malas, bosan, kacau, dan perasaan campur aduk lainnya, saya merasa menjadi bloger galau, ditambah lagi kesibukan di dunia nyata, khususnya untuk proyek profesi yang sedang saya ikuti saat ini, yang kemungkinan baru akan berakhir pada pertengahan November mendatang.

Jujur saja, saya merasa menyesal karena tidak mampu konsisten dengan komitmen yang telah saya buat sendiri. Apalagi setelah saya melihat statistik blog ini yang kian hari kian meningkat, meskipun tidak sehebat blog-blog populer yang bisa mencapai lima ratusan atau bahkan ribuan pengunjung per hari.

Tercatat dalam statistik Desfortin Menulis, bahwa pada bulan September – Oktober 2017 ini, pengunjung rata-rata per hari, khususnya dari mesin pencari, mencapai lebih dari 150 bahkan bisa lebih dari 200, sekalipun saya tidak update, yang sebelumnya jarang terjadi demikian.

Yang saya heran adalah, terma pencarian yang banyak masuk itu adalah tentang ‘pertanyaan sulit’, persis setiap hari selama hampir 2 bulan ini, bahkan sampai hari ini. Sehingga tulisan saya tentang 4 Pertanyaan Sulit itu ramai dikunjungi.

Yang mengherankan lagi, kenapa kata kunci itu sepertinya sedang dicari-cari pada 2 bulan ini. Apa karena para mahasiswa filsafat dan teologi sedang sibuk terkait topik tersebut? Atau, orang-orang memang masih banyak yang galau tentang hal itu? Entahlah.

Harapan ke Depan

Pada intinya, saya berharap bisa tetap menulis dan terus mengembangkan blog ini. Setidaknya tetap dengan komitmen one week, one post itu, tapi mungkin dengan postingan yang lebih singkat.

Saya ingin tetap bertahan ngeblog. Bukan hanya untuk satu-dua tahun, tapi untuk seterusnya hingga waktu yang belum bisa ditentukan. Dan tentu, sepanjang jiwa dan raga ini masih sehat dan kuat.

Saya kagum dengan bloger yang tetap konsisten ngeblog selama bertahun-tahun. Saya heran dan ingin belajar tips jitu mereka dalam mengatasi segala rintangan selama ngeblog. It really matters me.

Saya ingin tetap menulis. Sekalipun cuma blog gado-gado, tapi bagi saya itu tidak masalah. Yang penting saya tetap bahagia saat melakukannya alias bukan karena keterpaksaan. Prinsipnya, menulis untuk sesuatu yang bisa ditulis. Berbagi untuk sesuatu yang bisa dibagikan. Semoga.

Terima kasih wordpress.com untuk semuanya. Terima kasih juga teman-teman bloger dan pembaca sekalian atas dukungannya selama ini. Tanpa kalian semua blog ini nothing.

Oya, jika Anda memiliki saran dan kritik untuk blog ini, jangan sungkan, Anda dapat menyampaikannya pada kotak komentar di bawah ini.

Terima kasih sudah membaca.

Salam,

Desfortin

68 Comments »

  1. Dari rapinya setiap artikel yang mas tulis.Saya sempat mengira mas sudah lama berkecimpung di wordpress loh.

    Btw selamat satu tahun buat blognya ya mas.Dengan keterbatasan yang ada semoga mas tetap terus bisa berkarya di blog mas ini.

    Disukai oleh 3 orang

  2. Wah ….selamat mengudara satu tahun mas des, tp mf sy gak bisa kasih masukan apa2, Lha wong sy sendiri jg kurang konsisten sejak akhir agustus krn kesibukan, lha kok jd buntu otak, tp krn lihat trafik rata2 msh naik jadi berusaha posting lg meskipun asal2 an he he (Uff lha kok ikutan curhat maaf)

    Disukai oleh 2 orang

  3. Wah di feeds reader saya nggak muncul updatenya blog ini. Mesti segera beres-beres blog yang udah di follow dan mati nih biar nggak error.

    Selamat mas desfortin pencapaiannya. Moga bisa awet ngeblognya. πŸ˜€

    Disukai oleh 2 orang

      • Klo dari pengalaman saya gara-gara memfollow terlalu banyak blog sehingga ada sebagian update yang gak muncul di feeds reader kita. Solusinya unfollow blog-blog yang udah gak update biar feeds blog yang kita ikuti muncul terus.

        Kalo masalah komentar, jika terlalu banyak yg masuk spam bisa menghubungi pihak akismet.com di bagian contact, trus search di kotaknya my comment mark as spam by akismet, ntar diberi petunjuk vua,email untuk membetulkan. πŸ˜€

        Disukai oleh 2 orang

  4. Wwaahhh.. πŸ‘
    Selamat buat anda,,
    Saya aja sejak awal 2012 bersama WordPress sama sekali belum mendapat pesan2 sperti itu misalnya.. 😁
    Yah,, dimaklumi aja dan saya juga cukup tahu diri. 😊
    Tapi sy ttp mengucapkan terima kasih kepada wordpress yg telah memberi saya kesempatan untuk menulis disini.
    Walau saya belum masuk kategori penulis profesional tapi saya tetao bangga, bahagia karena setidaknya banyak orang bisa mengenal saya dan karakter saya melalui tulisan-tulisan sederhana di WordPress. 😊

    Disukai oleh 2 orang

  5. Lagi nyari artikel ini yang tenggelam karena banyaknya following di blog sayaπŸ˜€πŸ˜„
    Cuma mau ngucapin “selamat satu tahun” dan jangan bosan menjadi pembaca setia cerpen saya, walau belum bagus.πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜…

    Disukai oleh 2 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s